5 Tradisi Lebaran Yang Paling Ngangenin

5 Tradisi Lebaran Yang Paling Ngangenin - Lebaran atau hari raya idul Fitri, memanglah sangat ditunggu - tunggu kehadirannya oleh semua orang yang beragama Islam, karena pada hari ini banyak sekali berkah yang akan kita dapatkan.

Tradisi Lebaran Yang Paling Ngangenin
Tradisi Lebaran Yang Paling Ngangenin

Hari raya ini dilakukan oleh semua negara dan belahan dunia yang ada orang Islamnya dan ini adalah acara yang sangat meriah, karena setelah kita sudah menjalani puasa, dengan menahan hawa nafsu, makan dan minum selama 30 hari, maka kita akan meraih kemenangan.

Namun di balik itu semua banyak beberapa hal yang unik dan bahkan membuat kita kangen, karena sudah pernah mengalaminya di hari raya di tahun sebelumnya, namun hal itu kini kembali lagi bersama kita di tahun ini, tetapi hal itu apa saja mas? Yuk kita simak beberapa hal tradisi lebaran yang paling ngangenin dan tak pernah terlupakan dibawah ini.


1. Mudik (Pulang ke kampung halaman)


Yang pertama adalah Mudik, Mudik adalah mendatangi atau bertemu orang tua, sanak saudara di tempat kita dilahirkan, misalkan kita asli Jawa, tapi kita berkerja/berkarir di Jakarta, maka bila sebelum menjelang lebaran, kita akan melakukan Mudik untuk kembali ke kampung halaman dan berkumpul bersama keluarga.

2. Mendapatkan Uang THR (Tunjangan Hari Raya)


Bersyukurlah bagi kalian yang sudah berkerja di sebuah perusahaan, apalagi di perusahaan besar, pastilah di pertengahan puasa sebelum lebaran, kalian akan mendapatkan bonus tunjangan hari raya tersebut, dari perusahaan tempat kalian berkerja. Nah inilah yang dinamakan THR, jadi thr itu bukanlah gaji kita, tapi tambahan/bonus dari sebuah perusahaan.

3. Maaf - Memaafkan


Nah kalau ini mah tidak usah ditanya lagi, karena memang sangat diwajibkan bagi kita yang beragama muslim, dengan ini kalian bisa dekat dengan tetangga dan bisa memaafkan kesalahan, kebencian dan hal negatif lainnya yang dulu pernah dipermasalahkan, jadi biar tidak akan ada dendam lagi. karena islam pun mengajarkan kita untuk maaf - memaafkan.


4. Bagi - Bagi Uang


Lalu yang keempat yaitu bagi-bagi uang, memang ini sudahlah menjadi tradisi yang sangat melekat bagi orang-orang indonesia, Ini biasanya dilakukan oleh orang yang sudah berkerja, untuk menyisihkan sebagian rezeki hasil kerja dan bonusan THR dari perusahaan tempat dia berkerja. Untuk kalian yang masih kecil enak banget ya, karena pasti akan dapat uang dari saudara-saudaranya, coba untuk kita yang sudah bangkotan alias tua, gak mungkin dah ada yang ngasih, kalo ada juga kita bakalan malu dan gak enakan mau nerimanya.

5. Makanan Khas Lebaran


Makanan khas lebaran, ini sangat - sangat dikangenin, karena kita taulah ya pasti dirumah sudah tersedia toples - toples yang berisikan makanan seperti : Astor, Kacang Goreng, Kue Nastar dan makanan kecil lainnya, Tapi hati - hati ya. karena makanannya ada yang siluman (kaleng kong gua, isinya kacang tanah, hehe). Selain makanan kecil, juga ada ya makanan besar seperti membuat opor ayam, ketupat sayur dan gulai daging sapi dan kambing. ini memang sudah tradisi negara kita, jadi sulit untuk dihilangkannya.

Sekian sudah artikel yang saya buat ini dengan pembahasan yang berjudul 5 Tradisi Lebaran Yang Paling Ngangenin, Bila kalian memiliki pertanyaan atau kritik dan sarannya dengan artikel diatas, berikanlah komentar kalian dikolom yang sudah saya sediakan, semoga bermanfaat, terimakasih.

Click to comment