5 Tips Agar Selamat Ketika Mudik Bagi Pengendara Motor

emangviral.net - Mudik bagi orang Indonesia memang sudah menjadi tradisi setiap tahunnya, yang di laksanakan 1 Minggu sebelum lebaran, karena kita tau setelah kita melakukan puasa selama 30 hari, maka kita akan munuju kemenangan yaitu lebaran/hari raya idul fitri dan sebagai kenangan bagi umat Islam yang menjalankannya.

Image Source: Mbahjiwo.com

Dan lebaran adalah untuk kita bermaaf - maafan dengan orang - orang seperti tetangga, teman, saudara dan siapa saja yang kita kenali, bahkan tidak kenal pun kita saling maaf - maafan. Karena di lebaran ialah untuk kita menghapus dosa dengan orang yang pernah berhubungan kontak dengan kita, mungkin di waktu itu kita pernah cek cok, atau ada perkataan kita yang tidak enak terhadap orang itu. Maka dari itu pun, hari raya idul Fitri menjadi tempat untuk kita meminta maaf sesama makluk hidup.

Kita kembali lagi ke musim Mudik, mudik adalah pulang kampung beramai - ramai pulang ke kampung halaman atau pulang ke kota kelahirannya, untuk bertemu dan berkumpul dengan keluarga yang ada disana, namun untuk kalian yang pulang kampung atau Mudik, saya sarankan siapkan persiapan yang matang, karena kita gak akan tau musibah apa yang akan terjadi di jalan, inilah tips agar selamat ketika Mudik bagi yang menggunakan kendaraan, yuk simak apa saja tipsnya di bawah ini.

1. Berdoa Sebelum Berangkat
Ini sangat penting karena semua kelancaran perjalanan kita Allah yang menentukan kita selamat atau ada hal yang tidak diinginkan di jalan, maka dari itu sebelum berangkat Mudik bacalah doa terlebih dahulu, agar Allah mengiringi perjalanan kalian dan selamat sampai tujuan.

2. Berhentilah Ketika Ngantuk
Lalu yang kedua ini juga tak kalah penting, yaitu berhentilah Ketika kalian mengantuk saat membawa kendaraan, janganlah di paksakan. Karena akan membahayakan diri anda dan penumpang yang anda bonceng, maka saya sarankan berhentilah dahulu di pom bensin atau tempat untuk beristirahat yang di sediakan oleh polisi lalu lintas seperti posko untuk para pemudik.

3. Bawa Dompet dan Identitas
Dan yang ketiga ialah bawa dompet dan Identitas lengkap kalian, seperti SIM (Surat Izin Mengemudi), KTP, STNK dan juga pastinya jangan lupa bawa uang cash dan juga kartu ATM untuk keperluan di perjalanan, seperti mengisi bahan bakar, makan dan kendala lainnya yang mengharuskan kita mengeluarkan uang.

4. Motor Siap Tempur
Pastikan motor kalian sehat dan siap tempur, kalau bisa check terlebih dahulu di bengkel apa saja yang spareparts yang harus di ganti, maka gantilah. Karena untuk keselamatan kalian juga, agar motor tidak mogok dan ngadat ketika sedang berada di perjalanan.

5. Gunakan Pakaian Safety dan Jangan Bawa Barang Berlebihan
Lalu yang terakhir yaitu gunakan pakaian safety agar selamat dalam perjalanan dan bila terjadi kecelakaan kecil fisik tubuh kalian tidak mengalami luka yang fatal, gunakanlah seperti.

  1. Helm Safety
  2. Sarung Tangan
  3. Sepatu
  4. Pakai Celana Panjang
  5. Jaket dan masker

Lalu janganlah membawa barang melebihi muatan di kendaraan bermotor kalian, karena akan mmembahayakan dan kalian kalo ketahuan bapak polisi yang bertugas, akan terkena tilang.

Sekianlah sudah artikel yang saya buat ini tentang Mudik lebaran, bila kalian memiliki pertanyaan atau kritik dan sarannya, berikan komentar di bawah ini, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pemudik, terimakasih.

Click to comment